Tips muka hensem dan cantik !

Berbagai macam cara dilakukan orang untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. Ada yang menggunakan cara dan perawatan yang mahal, ada juga yang menempuh cara-cara yang instan dan serba murah. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah dan murah yang boleh dilakukan untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit? Kamu hanya perlu menjalani pola hidup sehat dengan rajin dan teratur berolahraga, tidur yang cukup dan berkualitas, mengurangi stress, dan memakan makanan yang sehat dan bergizi.

Berkaitan dengan makanan yang sehat dan bergizi ini, ada begitu banyak sumber nutrisi yang tersedia dari alam untuk mempercantik dan menyehatkan kulit. Sumber nutrisi tersebut bisa kita peroleh dari berbagai macam makanan yang sering kita santap setiap hari. Lalu, apa saja ya sumber makanan yang berguna untuk membuat kulit menjadi lebih cantik dan sehat? Simak info berikut ini :

  1. Biji-bijianNutrisi penting : Rutin dan Vitamin B
    Manfaat : membersihkan dan melembabkan kulitSeluruh biji-bijian merupakan sumber rutin (salah satu antioksidan) yang baik bagi tubuh, dan bisa melawan peradangan / kerusakan kulit.Gandum mengandung Vitamin B (biotin) yang membantu kulit mengikat lemak. Biotin di dalam tubuh berguna dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Jika kekurangan / tidak ada biotin di dalam tubuh, maka kulit akan menjadi kering dan bersisik. Vitamin B juga sangat berperan dalam menjaga keseimbangan hormon wanita.

    Sumber bahan pangan yang mengandung vitamin B antara lain : beras merah, tepung gandum, kacang-kacangan, alpukat, brokoli, buncis, jamur, kentang, melon.

  2. Kacang-kacanganNutrisi penting : Vitamin E (tokoferol)
    Manfaat : meremajakan dan melembutkan kulitSalah satu kacang-kacangan yang bagus untuk kulit adalah kacang almon yang mengandung antioksidan. Vitamin E yang terkandung di dalamnya mampu melawan penuaan kulit akibat radikal bebas, khususnya melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.Kombinasi vitamin E dengan selenium dapat memperkuat sifat antioksidannya, sehingga diperoleh manfaat yang lebih maksimal. Mineral selenium diperlukan untuk proses regenerasi sel, anti penuaan, mencegah infeksi kulit (jerawat), dan menjaga kecantikan kulit, kuku dan rambut. Contoh makanan yang mengandung selenium : keju lunak.

    Konsumsi vitamin E yang cukup mampu membuat kulit senantiasa terlihat lebih kenyal (elastis), kulit tampak lebih muda, menyembuhkan eksim dan jerawat. Sumber bahan pangan yang mengandung vitamin E antara lain : biji bunga matahari, kacang-kacangan, selada, sayuran hijau, alpukat
    Almon dan jenis kacang-kacangan lainnya mengandung asam lemak omega-3, yang juga merupakan nutrisi penting bagi kulit.

  3. Sayuran berwarna hijau dan merahNutrisi penting : Vitamin A, Beta karoten
    Manfaat : mencerahkan dan memperhalus kulitSayur-sayuran berwarna hijau dan merah seperti bayam, wortel mengandung nutrisi alami yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Sayur berwarna merah seperti wortel sangat kaya akan kandungan beta karoten.Tubuh kita mengubah beta karoten menjadi vitamin A, yang berperan sebagai antioksidan dan penting untuk menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan, serta mencegah terjadinya penuaan dini. Sayur-sayuran juga banyak mengandung serat yang mampu mengeluarkan racun dalam tubuh.

    Kamu tentu tahu bahwa vitamin A bisa bermanfaat sebagai agen anti jerawat (menghilangkan jerawat), bukan? Dengan khasiatnya itu, selama bertahun-tahun vitamin A sudah banyak digunakan dalam obat-obat anti jerawat (Retin-A).

    Bayam dan sayur berwarna hijau lainnnya juga kaya akan vitamin A, yang mampu membantu kulit membentuk sel-sel kulit baru dan membuang sel kulit mati. Selain itu, juga berguna untuk mengurangi kekeringan pada kulit dan menjaga kulit wajahmu tetap terlihat cerah dan selalu muda.

    Sumber bahan makanan yang mengandung vitamin A antara lain : wortel, aprikot, ubi merah, labu kuning, semangka, melon kuning, papaya, stroberi, yogurt rendah lemak.

    Hal penting yang perlu diingat adalah, lebih baik memperoleh pasokan vitamin A langsung secara alami dari berbagai nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan. Mengonsumsi produk-produk suplemen vitamin boleh saja, asalkan tetap sesuai dosis dan tidak dalam jumlah yang berlebihan. Terlalu banyak vitamin A dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

  4. Buah yang mengandung vitamin CNutrisi penting : Vitamin C
    Manfaat : menghaluskan dan mengencangkan kulitVitamin C merupakan salah satu zat penting yang terkandung dalam berbagai macam krim kulit. Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, salah satu protein pembentuk struktur dasar kulit.Biasanya pada usia 35 tahunan kolagen akan mengalami kerusakan sehingga kulit menjadi tidak kencang lagi (kendor). Ini berarti elastisitas kulit mengalami penurunan. Dengan konsumsi makanan yang vitamin C yang cukup, seperti jeruk, jambu biji, anggur, buh cerry, stroberi, dan tomat akan membantu mengencangkan kulit dan mencegah timbulnya kerutan pada kulit.

    Vitamin C juga merupakan antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas (mengakibatkan kanker). Sumber bahan makanan yang mengandung vitamin C antara lain : jeruk, alpukat, pomegranate, mangga, buah-buahan, brokoli

  5. Makanan lautNutrisi penting : Asam lemak Omega-3 dan zinc (mineral seng Zn)
    Manfaat : menghaluskan, membersihkan, melembutkan, membuat kulit tampak lebih bersinar dan lebih mudaMakanan laut misalnya ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak esensial yaitu asam lemak omega-3. Asupan asam lemak omega-3 yang cukup dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kulit kering dan peradangan (eksim). Peradangan dapat menyebabkan kulit telihat lebih tua.Asam lemak omega-3 juga mampu membersikan dan melancarkan sirkulasi pembuluh darah ke jantung, dimana hal tersebut juga sangat penting bagi kesehatan kulit. Salah satu buah yang kaya akan asam lemak omega-3 adalah alpukat.

    Sementara mineral seng (Zinc) yang terkandung di dalam makanan laut bisa mengobati jerawat, karena berhubungan erat dengan metabolism testosteron dalam tubuh. Zinc juga membantu dalam memproduksi sel-sel baru dan juga membuang sisa-sisa kulit mati, sehingga kulit terlihat lebih bersinar.

  6. Teh hijauKomponen penting : antioksidan polifenol
    Manfaat : melindungi membran sel kulit, mencerahkan kulitZat penting yang ada dalam teh hijau adalah antioksidan polifenol yang mampu mengurangi peradangan dan melindungi membran sel kulit. Sudah terbukti secara ilmiah bahwa zat aktif tersebut mampu mengurangi kerusakan kulit akibat terbakar sinar matahari dan menurunkan kemungkinan terjadinya kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet yang berlebihan. Polifenol tersebut dapat mengeliminasi radikal bebas pencetus kanker.Selain polifenol, kandungan lain yang ada dalam teh hijau adalah vitamin C, vitamin D, vitamin K, mineral zinc, kalsium, dan zat besi. Zat-zat tersebut berfungsi untuk mengaktifkan kembali sel-sel kulit yang telah mati sehingga kulit menjadi lebih cerah.
  7. Air putihMeminum air putih yang cukup (minimal 8 gelas per hari) bisa membuat kulit terlihat sehat dan muda. Air putih dapat mengeluarkan toksin (racun) dari dalam tubuh dan memperlancar metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang lebih lancar, maka nutrisi penting yang dibutuhkan juga akan lebih mudah terserap ke dalam tubuh. Kebutuhan cairan yang cukup dalam tubuh akan membuat kulit terjaga kelembabannya, kulit menjadi lebih kenyal, tetap bersih dan cerah.

Makanan-makanan tersebut sangat penting untuk menjaga kulit kamu agar tetap sehat dan cantik. Lalu, jika kita boleh memilih cara yang murah dan aman untuk mempertahankan kesehatan dan kecantikan kulit dengan mengambil segala kebaikan nutrisi dari alam, mengapa harus menempuh cara-cara yang tidak elok dan mahal, bukan? Segera lakukannya dan perbaiki pola hidup kamu. Pilih makanan yang sehat dan bergizi agar kulit cantik nan sehat yang kamu inginkan tercapai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s